Minggu, 10 Februari 2019

Pengertian Penjualan Serta Jenisnya dalam Akuntansi

Pengertian Penjualan Dan Jenisnya

a. Pengertian Penjualan

Penjualan adalah kegiatan pertukaran antara penjual dan pembeli atau perusahaan dan konsumennya dengan cara menukarkan barang/jasa dari penjual kepada pembeli dengan menggunakan uang atau alat bayar yang lainnya yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran.
Pada laporan Laba-rugi pada umumnya penjualan merupakan penjualan kotor di mana belum ada pengurangan harga jual atau potongan penjualan. Apabila penjualan kotor telah dikurangi dengan retur penjualan dan potongan penjualan maka akan menghasilkan penjualan bersih yang menjadikan pendapatan perusahaan.

b. Jenis-jenis penjualan

1. Penjualan secara tunai

Adalah penjualan yang dilakukan oleh penjual/produsen kepada para konsumen dengan cara tunai/cash sehingga penjualan akan selesai dilakukan pada saat itu juga. Dengan demikian, penjual akan mendapatkan uang secara langsung sebagai pendapatan.

Image result for gambar penjualan langsung


2. Penjualan secara kredit


Adalah penjualan yang dilakukan penjual/produsen dan pembeli dengan cara menjual barang dagangan, namun pembayarannya tidak langsung dibayarkan seluruhnya. Sisa pembayaran akan dibayarkan pada masa mendatang sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Dengan penjualan ini, perusahaan akan mendapatkan keuntungan dan kepercayaan dari para pelanggan karena pelanggan merasa nyaman telah diberikan kelonggaran waktu pembayaran atas barang yang dibelinya tersebut.

Image result for gambar penjualan kredit

Begitulah penjelasan tentang penjualan, pantau terus untuk informasi tentang dunia Akuntansi yaa. 

downlaod

0 komentar:

Posting Komentar